Jual Lampu LED

By | August 5, 2017

Jual Lampu LED

Lampu LED (Light Emitting Diode) telah menjadi tren lampu masa kini. Banyak pengguna lampu mulai beralih dari lampu neon, TL, maupun pijar ke lampu LED. Pasalnya, banyak kelebihan yang dimiliki oleh lampu LED. Bohlam LED sangat hemat energi tanpa mengurangi intensitas cahaya yang dikeluarkan (tetap terang walau memakai watt yang kecil).

Keunggulan lampu LED

Beberapa perbedaan antara lampu LED dengan jenis lampu yang lain pada umumnya adalah lampu LED lebih hemat energi yang berarti efisiensi pemakaian dan biaya.

Arus listrik yang kita pakai umumnya  rumah-rumah merupakan jenis arus listrik bolak-balik atau AC (alternating current). Padahal, sedangkan lampu LED merupakan sebuah komponen elektronika yang bekerja menggunakan arus listrik searah atau DC (dirrect current). Oleh karena itu, agar dapat digunakan sebagai lampu rumahan, lampu LED memiliki perangkat penyearah arus  yang mengubah arus AC menjadi arus DC.Kebanyakan  lampu listrik konvensional memiliki penutup/bahan terbuat dari kaca sehingga rentan pecah jika terjatuh. Berbeda dengan lampu LED saat ini penutup lampu LED terbuat dari plastik sehingga relatif lebih tahan banting. Kerusakan penutup lampu LED hingga pecah merupakan kasus yang sangat jarang terjadi. Keretakan serta lepasnya penutup lampu LED merupakan jenis insiden yang lebih sering terjadi.Tetap Berfungsi dengan Baik Meskipun PecahApabila kamu kurang beruntung dan mendapatkan lampu LED dengan tutup yang terlepas, retak, ataupun pecah, kamu tidak perlu gusar karena merasa dirugikan. Pasalnya, lampu LED tetap dapat berfungsi dengan baik meski tanpa tutup. Lampu pijar, neon, maupun lampu hemat energi mengandung gas yang tersimpan di dalam selubung penutup lampu. Gas tersebut turut berperan untuk mengaktifkan lampu agar dapat menyala. Adapun, lampu LED tidak memerlukan gas tertentu untuk dapat aktif menyala. Oleh karena itu, ketika terjadi kerusakan pada penutup lampu, lampu LED tetap dapat berfungsi dengan baik.Ramah LingkunganKarena tidak mengandung gas berbahaya, lampu LED pun merupakan pilihan penerangan yang ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan. Selain itu, lampu LED juga merupakan komponen listrik dengan tingkat efektivitas yang tinggi. Hampir seluruh energi listrik yang diterima oleh lampu LED akan diubah menjadi energi cahaya. Hanya sedikit rugi-rugi daya yang dimanifestasikan menjadi energi panas.  Berlama-lama di dalam ruangan yang menggunakan lampu LED tidak akan membuat Anda kegerahan karena panas sinar lampu.Efisiensi Jangka PanjangEfisiensi lampu LED yang baik dan ketiadaannya pada kebutuhan gas menjadikan lampu LED sebagai pilihan investasi penerangan jangka panjang. Lampu LED dapat terus hidup sampai dengan masa pemakaian 15.000-50.000 jam. Pada kondisi terbaik, lampu LED dapat hidup lebih lama lagi dari masa pemakaian tadi. Bandingkan dengan lampu hemat energi yang  – pada umumnya – memiliki masa pemakaian 5.000 jam, atau lampu pijar dengan masa pemakaian 300-600 jam.

Jenis jenis Lampu LED :

Lampu LED tersedia dalam berbagai bentuk yang cocok untuk berbagai jenis keperluan. Wujud asli sebuah lampu LED yang kecil membuatnya mudah dimodifikasi ke berbagai model. Berikut ini adalah tiga model lampu LED yang umum digunakan sebagai penerangan sehari-hari.

Lampu LED bulb

Lampu Led bulb banyak digunakan saat ini untuk penerangan rumah tangga, perkantoran, pabrik, hotel dengan berbagai merk dan kualitas.

lampu LED emergency

Lampu LED emergency  atau lebih dikenal dengan istilah lampu darurat sudah banyak beredar di pasaran.

  • Lampu LED dengan Dua Fungsi AC/DC
    Dapat digunakan sebagai lampu biasa dan lampu darurat (emergency)
    Tetap menyala meskipun listrik padam
  • Dilengkapi dengan baterai lithium dan proteksi kelebihan pengecasan
    Jadi tidak perlu khawatir akan kelebihan pengecasan karena proses pengecasan akan dihentikan setelah baterai penuh
  • Fungsi darurat (emergencydapat bertahan hingga 5 jam
  • Hemat energi hingga 90% dibandingkan lampu pijar
  • Dapat beroperasi pada tegangan 90 – 260 V
  • FROSTED COVER, tahan benturan
  • Tahan lama hingga 15.000 jam dan hemat biaya perawatan
  • Terbuat dari bahan PBT (Polybutylene terephthalate), tahan panas hingga 150 derajat

 Tips Memilih Lampu LED yang Tepat

Setelah mengetahui aneka model lampu LED, kamu pun kini dapat menentukan jenis lampu LED yang tepat untuk rumahmu. Selain itu, tips berikut ini akan dapat membantumu memilih lampu LED dengan lebih baik.Jika biasanya kamu mengandalkan nilai daya (watt) lampu untuk menentukan intensitas terang lampu yang kamu inginkan, maka kamu harus memerhatikan nilai lumen untuk memilih lampu LED. Pasalnya, nilai watt pada lampu LED tidak menunjukkan tingkat terang lampu yang standar. Nilai watt yang lebih besar pada sebuah merek lampu LED belum tentu menunjukkan bahwa lampu tersebut lebih terang daripada lampu LED dari merek lain, dengan nilai watt yang lebih kecil.

Perawatan Lampu LED

Pada dasarnya, tidak ada perawatan khusus yang diperlukan untuk membuat lampu LED tetap awet. Walaupun demikian, diperlukan penanganan khusus untuk lampu LED emergency agar lampu tahan lama dan berfungsi baik saat diperlukan. Penanganan ini bukan untuk menjaga ketahanan lampu LED, melainkan untuk menjaga agar baterai lampu LED tidak cepat rusak.Lakukanlah pengisian baterai, untuk pertama kali, hanya selama tiga jam. Langsung mengisi baterai secara penuh untuk pertama kali justru akan ‘mengagetkan’ baterai dan membuatnya tidak tahan lama. Selanjutnya, jangan pernah menggunakan lampu LED sampai benar-benar habis. Segera matikan ketika lampu LED mulai redup. Kemudian, ketika listrik telah kembali menyala, lakukanlah pengisian ulang tidak lebih dari 12 jam.